Pengobatan Untuk Trombosit Rendah

 Trombosit, yang merupakan sel-sel darah tidak berwarna, bersama dengan sel darah merah dan sel darah putih, adalah komponen darah. Trombosit berasal dari sel-sel besar yang ditemukan dalam sumsum tulang dalam tubuh. Jumlah trombosit yang rendah dapat berkisar dari ringan sampai parah dan bisa dialami semua kelompok umur dan jenis kelamin.

Apa itu Trombosit Rendah ?
jumlah trombosit rendah dikenal sebagai trombositopenia, yang terjadi saat trombosit dalam darah lebih rendah dari normal. Jumlah trombosit normal berkisar antara 150.000 dan 450.000 per sepersejuta liter darah. Jika jumlah trombosit kurang dari 150.000 maka bisa ada kemungkinan terkena  trombositopenia.

Fungsi trombosit

Trombosit memainkan peran yang sangat penting dalam pembuluh darah. Trombosit berperan dalam sistem pembekuan darah yang diperlukan untuk menghentikan pendarahan. Ketika pembuluh darah atau jaringan rusak, bahan kimia tertentu dilepaskan oleh tubuh yang mengaktifkan trombosit. Trombosit menjadi lengket dan menempel satu sama lain setelah mereka diaktifkan. Demikian juga, mereka juga menempel pada daerah yang terluka, bertindak seperti sebuah gumpalan untuk menghentikan pendarahan.

Penyebab Trombositopenia

Ada beberapa penyebab untuk jumlah trombosit yang rendah. Infeksi virus pada penderita demam berdarah menyebabkan masa hidup trombosit menjadi singkat sehingga jumlahnya menurun. Trombosit diproduksi di sumsum tulang. Jika sumsum tulang tidak memproduksi cukup trombosit, jumlah trombosit akan menurun. Gangguan sumsum tulang termasuk HIV, leukemia atau limfoma, yang dapat menghambat produksi trombosit. Kadang limpa bisa membesar dan memperangkap trombosit, yang akan mengurangi jumlah trombosit yang tersedia. HIV dan lupus menyebabkan tubuh untuk menggunakan atau menghancurkan trombosit. Idiopathic thrombocytopenic purpura sebenarnya menghancurkan trombosit tubuh dengan memproduksi antibodi yang abnormal. Beberapa obat, seperti heparin, menyebabkan jumlah trombosit rendah.

Tes dan Diagnosa

Umumnya tidak ada tanda-tanda atau gejala untuk kasus trombositopenia ringan. Perdarahan yang berlebihan atau mudah memar mungkin tanda-tanda dari jumlah trombosit yang rendah. Diperlukan tes dan diagnosa medis untuk menentukan seseorang terkena trombositopenia dan menentukan apa penyebabnya.


Pengobatan Untuk Kondisi Ringan

Seringkali anak yang memiliki trombositopenia tidak memerlukan pengobatan. Karena usia muda mereka, trombosit cukup aktif dalam pembekuan dan meskipun jumlahnya agak rendah. Sebagian besar ibu hamil juga bisa mengalami trombositopenia ringan dan biasanya kondisi mereka membaik setelah anak lahir. Pasien dengan jumlah trombosit yang rendah mungkin perlu menghindari olahraga yang dapat menyebabkan cedera. Selama kondisi menjadi penyebab trombosit rendah belum bisa dihindari, cara menaikkan trombosit  bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang bisa membantu meningkatkan trombosit.

Pengobatan untuk kondisi parah



Pasien dengan trombositopenia lebih parah, seperti yang berkaitan dengan kanker atau kemoterapi, mungkin memerlukan transfusi trombosit untuk menggantikan darah yang hilang oleh kondisi ini. Jika limpa membesar dan ditemukan bahwa hal tersebut yang menyebabkan masalah, dapat diangkat melalui pembedahan ( splenektomi ). Kortikosteroid, yang merupakan obat yang dapat memblokir antibodi yang menyerang trombosit, efektif dalam mengobati idiopatik thrombocytopenic purpura. Namun, jika kortikosteroid tidak efektif, ada orang lain yang dapat diresepkan seperti siklofosfamid atau azathioprine, yang dapat mengurangi pembentukan antibodi. Obat menyebabkan trombositopenia, seperti heparin atau Lovenox, dapat dihentikan sebagai cara meningkatkan trombosit kembali normal.

Kesimpulannya cara menaikkan trombosit rendah dapat dilakukan dengan dua hal, pertama dengan mengenali dan mengobati yang menjadi penyebab trombosit turun jumlahnya. Kedua, dengan cara menaikkan produksi trombosit dengan cepat dengan mengkonsumsi Susu Kolostrum Power Mix untuk menghindari komplikasi ynag muncul akibat rendahnya trombosit.  Zat sitokin yang dikandung oleh Susu Kolostrum Power Mix  terbukti efektif secara cepat menaikkan trombosit darah. Fungsi  sitokin untuk meningkatkan kekenyalan pembuluh darah sekaligus mengaktifkan sistem pembekuan darah.




2 komentar:

  1. Thank gan buat infonya. Berkli kali anakku masuk rumah sakit gara2 penyakit ini. Smoga dg ini sembuh dan enggak lg sering ke rumah sakit

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus